Headlines News :
Home » » Merdeka Dari Dosa (Khotbah 13 Mei 2012)

Merdeka Dari Dosa (Khotbah 13 Mei 2012)

Merdeka Dari Dosa (Khotbah Minggu, 13 Mei 2012) - tahukah saudara dimana sesungguhnya letak kebahagiaan orang kristen itu? kebahagiaan orang kristen bukan terletak pada banyaknya uang yang dia miliki, juga bukan terletak pada banyaknya ilmu/pengalaman yang dia miliki, banyaknya teman yang dia miliki, tetapi kebahagiaan orang Kristen sesungguhnya terletak pada kemerdekaan orang kristen dari dosa-dosanya.

Dikatakan di dalam Mazmur 32:1-2: "dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutup!! Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!" Orang yang diampuni, orang yang kesalahannya tidak lagi diperhitungkan, itulah orang yang dimerdekakan Tuhan dari dosa, orang-orang semacam ini adalah orang yang berbahagia.


Agar kebahagiaan kita ini terus terpelihara, maka jangan lagi kita mau diperbudak oleh dosa. Galatia 5:13: "Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih."

Menurut Galatia 5:19-21 ada 4 jenis dosa yaitu dosa kedagingan (percabulan, kecemaran dan hawa nafsu), dosa kuasa gelap (penyembahan berhala, sihir), doa pertikaian (perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian), Dosa kemewahan/duniawi: kemabukan, pesta pora,dll.


Bagaimana cara merdeka dari dosa?
1. Andalkan kuasa doa. Tuhan Yesus pernah berkata demikian : Berjaga-jagalah dan berdoalah, Roh memang penurut tetapi daging itu lemah. Doa itu membuat Roh kita menjadi kuat dalam menghadapi keinginan daging kita.
2. Pertimbangkan untung rugi daro dosa itu. Dosa punya sifat umum yaitu enak hanya sebentar, enak hanya sesaat, selanjutnya penuh dengan penderitaan. Enaknya hanya 1 point, tetapi ruginya bisa 5-10 point, hanya menguntungkan 1 orang, tetapi merugikan banyak orang. Itu ciri khas dosa.
3. katakan dengan tegas: TIDAK terhadap dosa. Ketika dosa itu baru saja muncul di hati dan pikiran, cepat kita katakan dengan tegas: TIDAK. Sata sudah tobat, tidak akan mengulangi lagi. ketika kita mengatakan tidak, maka hati dan pikiran kita itu segera tertolong utk tidak cenderung kembali pada dosa itu.
4. Tinggalkan area dosa. Ketika Yusuf digoda istri Potifar, Yusuf memilih untuk meninggalkan istri Potifar. Dengan cara ini Yusuf selamat dari dosa perzinahan.
5. Sibukkan diri kita untuk melakukan kehendak Tuhan. Ketika di hati kita ada kesukaan melakukan kehendak Tuhan, maka pasti kita sudah tidak punya gairah lagi untuk hidup dalam dosa. Dikatakan dalam Galatia 5:16-17 demikian: "16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging - karena keduanya bertentangan - sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki."


Minggu, 13 Mei 2012,
Pdt. Djoni Febrianto
Share this article :
 
Support : Copyright © 2013. GKT JEMBER - All Rights Reserved
Template Modify by GKT jember
Proudly powered by Free Coupons